Sabtu, 22 Februari 2014

AIR TERJUN CURUG GENDANG

Di daerah Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten, di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten terdapat obyek wisata Air terjun Gendang yang juga wajib dikunjungi saat mengunjungi Pantai Carita.
Awalnya Air terjun yang terletak di ketinggian 170 Mdpl ini berasal dari hulu mata air Gunung Panganjaran ini bernama Curug Citajur. Namun suara yang dihasilkan dari air terjunnya mirip dengan suara gendang atau tambur, maka masyarakat setempat menamakan Curug Gendang.
Berdasar cerita yang berkembang pada masyarakat setempat, kawasan Curug Gendang ini pernah digunakan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia sebagai tempat persembunyian dari kejaran tentara penjajah Belanda.
 Curug Gendang ini merupakan destinasi wisata yang memadukan hutan yang lebat, jalan setapak yang berliku-liku, pesona alamnya , dan air terjun yang jernih serta menyejukan. Dengan suasana alam yang dihasilkan dari perpaduan tersebut akan memberikan suasana yang berbeda bagi Anda untuk melakukan aktivitas yang direncanakan sela berwisata di tempat ini.Lebatnya Hutan hijaudengan diiringi kicauan aneka burung serasa menikmati alunan musik alam, sangat tepat sebagai tempat untuk lepas sejenak dari rutinitas atau sekadar mencari inspirasi.

 Selain itu, kawasan ini juga di diami beberapa flora dan fauna, seperti berbagai flora langka, antara lain pohon jati (tectona grandis), mahoni (swietenia macrophylla), mahoni afrika (swietenia khaya antoteca), bungur (lagerstromia speciosa), dan masih banyak lagi tumbuhan yang hidup dan tumbuh di kawasan ini.Sedangkan jenis fauna langka, seperti babi hutan (susvitatus), kera ekor panjang (macaca fascicularis), lutung (tachypitechus auratus), biawak (varanus salvator), ular sanca (phyton sp), kelelawar (ordo chiroptera), alap-alap (falco moluccensis), tupai (tupaiidae), maupun elang (spilornis cheela).

 Bagi Anda pencinta traveling alam, Anda dapat menjelajahi jalan setapak yang berliku-liku dan terkadang naik-turun, serta tebing dan jurang di sisi kiri-kanannya,

Saat menjejakan kaki di punggung perbukitan, Anda dapat melihat hijaunya pepohonan di kaki bukit, atau Anda ingin menikmati eksotisme pesona Selat Sunda dan Gunung Anak Krakatau dari kejauhan.

 Kelelahan dan kecapean yang Anda alami saat menjelajah alam Curug Gendang, akan sirna dan dan berganti dengan rasa puas serta takjub akan eksotisme air terjunnya yang mempunyai ketinggian sekitar 7 meter dan kedalam kedalaman 13 meter serta luasnya sekitar 10 meter tersebut.



Anda pun akan menikmatin indahnya alunan Suara air terjunnya yang seperti suara tambur dan godaan air kolamnya untuk menikmati kesegarannya dengan menceburkan diri ke kolam airnya.





 Di air terjun Curug Gendang, Anda dapat melakukan aktivitas yang menjadi keiingan Anda, seperti melepas lelah dan gerah dengan mencuci muka, merendam kaki, atau mandi sepuasnya dan bagi Anda yang ingin menguji adrenalin Anda, dapat mencoba melompat dari tebing-tebing batu yang terdapat di bagian atas Curug Gendang.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar